Hampir semua orang menyukai makanan cepat saji atau junk food. Meskipun sebagian orang sadar bahwa makanan itu tak baik untuk kesehatan, tapi rasanya yang menggoyang lidah membuat makanan cepat saji masih digemari.

Tapi, bagi kamu yang sedang menjalani program hamil, sebaiknya mulai hindari mengonsumsi makanan cepat saji dan junk food deh. Pasalnya mengonsumsi makanan cepat saji dan junk food bisa mempengaruhi kesuburan lho.

Melansir parents (1/4/2021) sebuah penelitian yang diterbitkan di Human Reproduction mengamati pola makan sekitar 5.600 wanita tanpa anak yang tinggal di Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Irlandia. Penelitian ini pun menemukan bahwa wanita yang mengonsmsi makanan cepat saji selama empat kali atau lebih dalam seminggu membutuhkan waktu sekitar satu bulan lebih lama untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang enggak makan junk food.

Dengan mengonsumsi makanan cepat saji, wanita pun meningkatka risiko kemandulan dari 8 persen menjadi 16 persen! Selain itu, wanita yang makan buah kurang dari satu hingga tiga kali sebulan membutuhkan waktu setengah bulan lebih lama untuk hamil dibandingkan dengan wanita yang mengonsumsi buah tiga kali atau lebih dalam sehari.

Baca Juga: Beauty, Ini 5 Penyebab Mengapa Wanita Susah Hamil

"Mengonsumsi makanan berkualitas baik yang mencakup buah-buahan dan meminimalkan konsumsi makanan cepat saji meningkatkan kesuburan dan membuat hamil lebih cepat," kata Claire Roberts, profesor di Robinson Research Institute di Australia dan penulis utama studi ini.