Pandemi Covid-19 menimbulkan beragam masalah pada kehidupan masyarakat. Mulai dari sektor pendidikan hingga ekonomi nasional merasakan dampak signifikan akibat pandemi yang tak kunjung usai. Untuk itu, beragam lapisan masyarakat berlomba-lomba untuk mencari solusinya.

Hal ini juga yang melatarbelakangi Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran untuk menggelar festival komunikasi tahunan Epicentrum 2021. Dengan tema  “Indonesia Recovery”, kegiatan ini diharapkan dapat mewadahi peran mahasiswa sebagai agent of change dalam memecahkan permasalahan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19.

Acara yang digelar pada tanggal 3 - 6 Mei 2021 ini juga secara perdana akan diselenggarakan dalam skala internasional. Epicentrum 2021 akan memberikan kesempatan dan pengalaman bagi pesertanya untuk berkolaborasi dengan Pentahelix, yang meliputi ABCGM (Academician, Business, Community, Government, dan Media) guna memecahkan permasalahan dan isu nasional melalui perspektif bidang keilmuan komunikasi.

Epicentrum 2021 akan dikemas dalam berbagai rangkaian acara meliputi kompetisi, seminar, company visit online, dan lokakarya (workshop online). Dengan menghadirkan tujuh mata lomba yang mewakili tujuh program studi yang ada di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Epicentrum diharapkan dapat mewadahi peserta dalam menyalurkan ide dan gagasannya sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Berikut ketujuh mata lomba dari Epicentrum 2021:

Research Mindedness (Program Studi Ilmu Komunikasi)

Research Mindedness merupakan lomba berbasis riset dengan menggabungkan perspektif kajian dan strategi komunikasi sebagai upaya penyelesaian masalah. Subtema yang diangkat tahun ini adalah “Collaborative Communications To Dignify Local Tourism Industry”. Output yang dihasilkan berupa laporan penelitian, infografis, serta video kreatif yang mengandung kolaborasi dari unsur Pentahelix sebagai bentuk strategi komunikasi yang ditawarkan.