Menu

Kamu Habis Belanja dari Supermarket? Ini Tips Bersikan Belanjaan di Tengah Pandemi Virus Corona

02 April 2020 12:00 WIB
Kamu Habis Belanja dari Supermarket? Ini Tips Bersikan Belanjaan di Tengah Pandemi Virus Corona

Ilustrasi berbelanja.(Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Beauty, di tengah pandemi virus Corona yang mewabah di Indonesia saat ini membuat kita harus ekstra menjaga kesehatan dan kebersihan agar terhidar dari penularan virus tersebut. Nah untuk kamu yang telah selesai berbelanja untuk kebutuhan harian baik itu di pasar swalayan atau di supermarket kala mewabahnya virus Corona, kita harus memperhatikan kebersihan barang belanjaan yang dibeli. 

Nyatanya, bisa saja Barang belanjaan yang baru kita beli ternyata bisa terkena percikan liur pasien positif virs Corona lewat bersin ataupun sentuhan tangan yang mengakibatkan kita bisa menjadi tertular juga. Lalu, gimana sih cara efektif untuk membersihkan belanjaan itu?

Baca Juga: Catat Baik-Baik! Ini Pedoman WHO Cara Rawat Pasien Virus COVID-19 di Rumah

Tenang, kamu enggak usah khawatir. HerStory telah melansir dari Health Line (02/04/2020), cara efektif untuk membersihkan barang belanjaan. Simak baik-baik ya!

Mencuci tangan

Profesor makanan dan nutrisi di Universitas Georgia, Amerika Serikat, Elizabeth L. Andress mengatakan hal pertama yang wajib dilakukan adalah mencuci tangan.

“Agar tangan steril saat membersihkan belanjaan,” katanya.

Baca Juga: Ternyata Meditasi Bermanfaat untuk Kesehatan Mental dan Emosional Lho Beauty, Yuk Simak Baik-baik ya!

Pisahkan jenis belanjaan

Setelah itu, barulah pisahkan jenis makanan dan wadah penampungnya. Misalnya, untuk makanan dalam kaleng atau kotak, ia mengimbau agar Anda langsung mengelap permukaan dengan tisu basah.

“Kalau kaleng dan kotak itu sekali pakai, ada baiknya dibuang dan tata isinya pada tempat lain di rumah,” ujarnya.

Sedangkan untuk makanan tanpa wadah seperti buah dan sayur, dokter keluarga yang berpraktik di Grand Rapids, Michigan, Amerika Serikat, Jeffrey Van Wingen, mengimbau untuk merendamnya selama 20 detik.

“Rendam dengan air hangat dan sabun agar kuman mati. Jangan lupa membilasnya kembali dengan air mengalir sampai tidak ada busa yang tersisa,” tegasnya.

Baca Juga: Hal Sepele tapi Penting Dilakukan! Ini Lho, yang Perlu Kamu Lakukan Ketika Sampai di Rumah Setelah Bepergian di Tengah Wabah Corona

Bersihkan peralatan yang telah digunakan

Setelah melakukan berbagai tindakan kebersihan untuk belanjaan, Beauty jangan lupa ya untuk membersihkan lap juga meja dan peralatan yang sudah digunakan dengan cairan disinfektan. Cuci juga tangan dan pakaian yang sudah dipakai agar bakteri tidak tersisa.

“Bersihkan tas pembawa belanjaan juga lewat mesin cuci agar bisa digunakan saat kembali ke pasar swalayan,” jelasnya.

Baca Juga: PakSu Makin Sayang Nih! 4 Manfaat Belanja Mingguan untuk Ibu Rumah Tangga, Sisa Uangnya Bisa Beli Skincare!

Baca Juga: Auto Dipuji Paksu Nih! 15 Cara 'Press Budget' atau Tekan Pengeluaran Harian Para Ibu Rumah Tangga, Bisa Nabung untuk Hari Tua Deh!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.