Tak semua penyakit menular seksual dapat dicegah dengan penggunaan kondom. Perubahan gaya aktivitas seksual membuat penyakit seperti herpes genital tetap tertular.

Herpes genital adalah penyakit infeksi herpes simplex virus (HSV) yang menyerang kelamin.

Dilansir dari berbagai sumber, (05/04/2021) ada dua jenis penyebab herpes genital, di antaranya HSV tipe 1 dan tipe 2. HSV tipe 1 berdiam di tubuh bagian atas dan menyebabkan herpes oral pada bibir dan mulut. Gejala herpes oral umumnya sulit dibedakan dengan sariawan.

Sedangkan HSV tipe 2 berada di tubuh bagian pinggang ke bawah. Tipe 2 menimbulkan herpes pada genital atau sekitar kelamin.

Namun, karena perubahan aktivitas seksual, keberadaan kedua tipe virus ini bisa terbalik. HSV tipe 1 bisa ditemukan di genital dan HSV tipe 2 bisa ditemukan di area bibir dan mulut.

Herpes genital tak hanya ditularkan oleh kontak seksual, tapi juga melalui seks oral atau kontak antara mulut dan kelamin, juga berciuman. Dari aktivitas ini, virus bisa masuk melalui mukosa atau selaput lendir bibir serta kelamin.

Baca Juga: Pencegahan dan Penangan Herpes Zoster di Masa Pandemi Covid-19

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas