Indonesia dikenal memiliki beragam suku dan kebudayaan dengan keunikannya masing-masing. Salah satu kebudayaan unik adalah mengenai pesta pernikahan adat. Mulai dari busana adat, dekorasi pernikahan, hingga tata cara tradisi punya makna yang mendalam.

Salah satu yang seringkali kita jumpai adalah tradisi adat pernikahan Minang. Seperti halnya dengan tradisi adat pernikahan lainnya di Indonesia, tradisi Minang memiliki prosesi pernikahan yang menarik. Berikut tata cara adat pernikahan Minang seperti dikutip dari berbagai sumber, (05/04/2021).

Maresek

Lamaran atau maresek merupakan tahap perkenalan antar calon mempelai. Sesuai dengan sistem kekerabatan matrilineal, pihak keluarga wanita mendatangi pihak keluarga pria. Dalam prosesi ini biasanya pihak mempelai wanita terlebih dahulu yang datang ke pihak mempelai pria dengan membawa buah tangan seperti kue atau buah-buahan.

Maminang / Batimbang tando

Keluarga mempelai wanita kembali datang ke pihak mempelai pria untuk meminang. Setelah lamaran diterima, prosesi ini dilanjutkan dengan bertukar tanda sebagai seimbol pengikat. Keluarga mempelai wanita datang dengan membawa kue-kue dan buah buahan serta sirih pinang lengkap disusun dalam kampia (tas yang terbuat dari daun pandan) yang disuguhkan untuk dicicipi keluarga pihak pria. Lalu dilanjutkan dengan saling menukar benda-benda pusaka seperti keris, dan kain adat.

Baca Juga: Wadaw! Mitosnya Bikin Gak Direstui Orang Tua, Ternyata Gini Fakta di Adat Minangkabau!