Sebagai orang tua tentu sangat senang melihat tumbuh kembang anaknya. Salah satu masa yang paling ditunggu-tunggu adalah saat anak mulai tumbuh gigi. Lantas, kapan sih anak akan tumbuh gigi?

Perlu dipahami bahwa setiap anak memiliki waktu tumbuh gigi yang berbeda-beda. Beberapa bayi mulai tumbuh gigi sebelum berusia 4 bulan dan beberapa setelah 12 bulan. Namun, sebagian besar bayi mulai tumbuh gigi pada tahun pertamanya.

Saat gigi mau tumbuh, mungkin bayi akan mengeluarkan banyak air liur. Pasalnya tumbuh gigi bisa merangsang banyak air liur yang ke luar dari mulut si kecil. Air liur mulai banjir di usia 10 minggu dan 4 bulan,dan air liur terus mengalir selama masa pertumbuhan gigi bayi.

Selain itu, bayi mungkin akan lebih rewel dari biasanya serta giginya terasa gatal hingga mengigit-gigit barang. Bayi yang sedang tumbuh gigi akan mengeluarkan air liur, tetesan air yang terus menerus dapat menyebabkan lecet, pecah-pecah, kemerahan dan ruam di sekitar mulut, dagu, dan bahkan leher dan dadanya.

Baca Juga: 5 Tanda Kerusakan Gigi pada Anak, Perhatikan Ya Moms!

Sebagai orang tua, harus sadar bahwa masa pertumbuhan anak akan berbeda-beda. Untuk itu, tak perlu khawatir jika anak belum tumbuh gigi. Jika ingin memastikan keadaan anak, disarankan juga untuk mengunjungi dokter untuk berkonsultasi.