Beauty, ada studi yang menyebut bahwa menyusui bisa menurunkan risiko diabetes pada ibu setelah melahirkan. Melansir laman Everydayhealth (6/4/2020) ada sebuah studi yang diterbitkan pada bulan April 2020 di Science Translational Medicine, menjelaskan bahwa menyusui memicu perubahan metabolisme yang dapat membantu melindungi tubuh terhadap diabetes tipe 2.

Studi ini melibatkan 85 wanita yang menyusui bayinya dan 99 wanita yang tak memberikan ASI. Selama 3,6 tahun pascamelahirkan, penelitian pada wanita-wanita ini pun menunjukkan hasil yang mencengangkan. Terungkap bahwa ibu yang menyusui bayinya memiliki toleransi glukosa yang lebih baik dan sensitivitas insulin yang lebih tinggi bermanfaat untuk membantu tubuh menurunkan kadar gula darah.

"Kami tahu bahwa menyusui memiliki efek langsung pada keseimbangan metabolisme pada ibu yang menyusui, dan ini sebagian disebabkan oleh konsumsi energi yang terlibat dalam menyusui,” kata salah satu penulis penelitian, Michael German, MD, dari Universitas California San Francisco.

“Namun, tidak jelas mengapa menyusui memiliki manfaat jangka panjang, mengurangi risiko berkembangnya diabetes bertahun-tahun kemudian,” kata Dr. German.

Baca Juga: Menyusui Bisa Menurunkan Gairah Seksual Wanita, Benarkah Begitu?

Sebuah studi yang diterbitkan pada November 2017 di JAMA Internal Medicine mengikuti 1.238 wanita yang tak mengidap diabetes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wanita yang menyusui bayinya hingga enam bulan memiliki kemungkinan 25 persen lebih rendah untuk mengembangkan diabetes tipe 2.