Cegukan memang fenomena yang wajar untuk dialami manusia. Mulai dari bayi hingga dewasa pun kerap mengalami fenomena yang sulit dijelaskan ini.

Cegukan adalah hal misterius yang tentunya sangat mengganggu dan membuat kita mengeluarkan suara aneh seperti suara kodok. Cegukan juga diduga bisa berujung bahaya jika dialami oleh anak kecil. 

Namun, apakah benar ya dugaan tersebut? Lalu, kenapa kita bisa mengalami cegukan? Banyak sekali pertanyaan mengenai hal ini. Yuk, kita ulas satu per satu!

Dalam dunia medis, cegukan lebih sering disebut sebagai Singultus. Banyak sekali pandangan mengenai alasan dari fenomena ini.

Menurut pandangan fisiologis, cegukan terjadi karena adanya kontraksi yang sangat kuat pada diafragma dan otot pernapasan seperti otot interkostal dan otot leher kita.

Saat kontraksi ini terjadi, lidah bagian belakang naik ke atas langit mulut. Lalu otot vokal atau glotis dalam tenggorokan kita ini kemudian juga ikut berkontraksi hingga akhirnya menimbulkan suara seperti kita sedang tersedak oleh bakso.

Baca Juga: Moms, Tak Perlu Bingung! Begini Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi