Banyak orang tua yang nggak sadar akan tanda-tanda rasa nggak nyaman yang dialami si kecil. Kadang anak mendadak jadi rewel sehingga Moms cenderung tak memahami apa yang terjadi pada si kecil.

Salah satu jenis keluhan yang sering dialami anak adalah sakit perut. Masalah pencernaan yang mungkin terjadi adalah anak cacingan. Maka ada baiknya Moms mengetahui dan mewaspadai tanda anak cacingan serta penyebab yang kerap nggak disadari.

Anak yang tak menjaga kebersihan menjadi penyebab cacingan yang paling sering terjadi. Anak yang kerap bermain di tanah sering mengalami infeksi dari cacing benang, cacing tambang, cacing gelang, cacing pita serta cacing cambuk. Selain tanah, penyebab anak cacingan juga ada di dekat air, makanan serta minuman yang tidak higienis.

Selain makanan yang kotor, anak bisa saja mengalami cacingan karena mengonsumsi masakan yang kurang matang. Anak yang tak higienis saat mengonsumsi makanan juga berpotensi untuk mengalami cacingan. Maka, penting bagi Moms untuk menyadari berbagai bahaya yang mengancam jika anak tidak dibiasakan hidup bersih pada saat makan.

Lalu apa saja gejala yang mungkin nggak Moms sadari? Dikutip dari berbagai sumber, (06/04/2021) anak yang cacingan biasanya mengalami penurunan berat badan dan jadi mudah marah dan sangat rewel. Penurunan berat badan juga disertai dengan penurunan nafsu makan. Berbagai kasus cacingan dapat menyebabkan sulit tidur karena gatal di sekitar anus. Ruam yang muncul di area tubuh juga menjadi tanda anak cacingan.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Cacingan yang Dialami Si Kecil, Catat Baik-Baik Ya Bun!

Tanda anak cacingan yang perlu diwaspadai adalah ketika si kecil muntah dan diare. Anak yang cacingan juga bisa berdampak pada kekurangan gizi sebab beberapa cacing memiliki sifat parasit. Cacing yang ada di dalam tubuh menyerap nutrisi dan vitamin sehingga tanda anak cacingan yang nyata terlihat adalah anak menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Anak yang mudah sakit bisa saja disebabkan oleh cacingan.