Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak makanan khas. Di setiap daerah terdapat makanan khas yang harus dilestarikan. Salah satu makanan yang banyak digemari adalah ayam taliwan khas dari daerah Taliwang, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat.

Sudah jadi rahasia umum bahwa ayam taliwang memiliki cita rasa yang dapat menggoyang lidah. Saking banyak yang suka, makanan ayam taliwang tak hanya tersedia di wilayah NTB, tapi sudah ada hampir di seluruh Indonesia.

Ayam taliwang dibuat dari ayam kampung yang diberi rempah-rempah, seperti kencur, kemiri, cabai, hingga bawang merah dan bawang putih. Ayam taliwang cocok banget dipadukan dengan nasi putih serta plecing kangkung.

Dilansir dari Kebudayaan Kemendikbud (7/4/2021) ayam taliwang diperkenalkan pertama kali pada masa kerajaan Selaparan dan kerajaan Karangasem Bali. Saat itu, kerajaan Taliwang datang ke Lombok untuk membantu proses perdamaian kerajaan Selaparang dan kerajaan Karangasem.

Saat datang ke Lombok, pasukan kerajaan Taliwang yang didalamnya terdapat ahli agama, juru masa serta juru kuda pun tinggal di wilayan Karang Taliwang. Ketika tinggal di wilayah ini, para jurus masak di kerajaan Taliwang pun menyiapkan masakan dengan bahan yang tersedia di sekitar wilayah tersebut. Salah satu masakan yang disajikan adalah Ayam Taliwang yang kini disukai banyak orang.

Baca Juga: Bak Surga Dunia, Pantai Pink di Lombok Bisa Jadi Destinasi Wisata Pilihanmu Nih

Dikabarkan bahwa pertama kali yang menjual Ayam Taliwang adalah ibu Nini Manawiyah. Akhirnya pada tahun 1980, didapuk sebagai makanan khas Lombok.