Setelah melahirkan, para ibu akan berjuang untuk memberikan ASI kepada anaknya. Namun, proses menyusui tak selancar yang diharapkan. Berbagai cara pun dilakukan untuk meningkatkan produksi ASI.

Salah satu cara yang bisa meningkatkan produksi ASI dengan melakukan pompa atau pumping. Jika moms belum tahu, berikut cara-cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan ASI dengan pompa:

Pompa Lebih Sering

Melansir laman verywell family, ASI akan diproduksi lebih banyak ketika sering distimulasi. Dengan begitu, para ibu disarankan untuk sering-sering melakukan pompa ASI agar payudara distimulasi untuk memproduksi banyak ASI.

Lebih banyak memompa atau lebih banyak menyusui adalah yang menciptakan suplai ASI yang melimpah, jadi untuk meningkatkan suplai, moms perlu memompa dengan sering dan baik. Moms harus berusaha memompa setidaknya setiap dua hingga tiga jam, selama 20 menit setiap kali, untuk membuat suplai ASI.

Gunakan Pompa yang Tepat

Banyak pompa ASI yang dijual hanya untuk digunakan sekali. Pompa jenis ini cocok digunakan untuk ibu yang jarang memompa ASI. Namun, jika moms memompa ASI secara eksklusif, perlu memilih pompa yang tepat agar produksi ASI melimpah.

Gunakan Pelindung Poma ASI yang Tepat

Baca Juga: Ibu Menjalani Puasa saat Menyusui, Apakah Akan Membahayakan Bayinya?

Flensa atau pelindung payudara adalah bagian pompa yang dipasang di payudara selama sesi pemompaan. Karena payudara memiliki berbagai ukuran, perlu memilih flens atau pelindung payudara yang sesuai dengan bentuk payudaramu. Banyak ibu yang melaporkan bahwa suplai ASInya meningkat ketika menggunakan pelindung payudara yang lebih pas.