Menu

Pencegahan dan Penangan Herpes Zoster di Masa Pandemi Covid-19

Rifani Indrianti
08 April 2021 18:45 WIB
Pencegahan dan Penangan Herpes Zoster di Masa Pandemi Covid-19

Virtual Oress Conference TERBAIK 2021 by LINE Ramadan (Press Relase/LINE)

HerStory, Jakarta —

Penanganan infeksi Herpes di masa pandemi Covid-19 adalah memberikan tantangan sendiri. Pasalnya kedua penyakit ini disebabkan oleh virus dan harus memiliki antibodi yang kuat untuk mencegahnya.

“Maka fokus pencegahan terhadap Herpes Zoster yaitu dengan meningkatkan imunitas tubuh secara alami dan menghindari kontak langsung terhadap virus dari penderita Herpes Zoster,” ungkap dr. Anthony Handoko, SpKK, FINSDV sebagai CEO Klinik Pramudia dalam virtual media briefing (08/04/2021).

Menurut dr. Anthony dalam masa pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 1 tahun, secara umum masyarakat mengalami penurunan daya tahan tubuh. Hal ini diakibatkan karena stres psikis dan kelelahan yang berkepanjangan untuk selalu waspada terhadap virus Covid-19.

Daya tahan tubuh yang lemah dan keadaan psikis yang kurang sehat, membuat seseorang mudah terinfeksi virus Herpes Zoster.

Selain itu, menggunakan masker dan berjaga jarak pun penting untuk mencegah terinfeksinya virus Herpes Zoster. Pasalnya, penularan virus ini melalui pertukaran napas dan kontak langsung dengan lesi atau gejala pada kulit penderita.

“Penularan virus Herpes Zoster terjadi ketika ada kontak langsung dengan cairan pada leuihan ruam yang dialami oleh penderita,” ujar dr. Anthony Handoko, SpKK.