Istri dari Sri Sultan Hamengkubuwana X, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas terkenal pandai berpolitik. Beliau sudah menjadi politisi sejak tahun 1997.

GKR Hemas lahiir dengan nama Tatiek Dradjad Supriastuti yang merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Ayah GKR Hemas adalah Soepono Digdosastropranoto yang merupakan anggota Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI).

GKR Hemas dibesarkan dan tinggal di Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Akhirnya, pada tahun 1972 Beliau pindah ke Yogyakarta. Sejak kecil, GKR Hemas sering mengunjungi sang kakek yang merupakan mantan abdi dalem di Keraton Yogyakarta.

Pada umur 19 tahun GKR Hemas sudah menikah dengan Herjuno Darpito dan meninggalkan kuliah. Kemudian, namanya diganti menjadi Mangkubumi. Setelah itu, GKR Hemas berganti nama sebanyak tiga kali dan yang terakhir adalah Gusti Kanjeng Ratu Hemas. Pergantian menjadi GKR Hemas dikarenakan Herjuno Darpito naik takhta menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Meskipun sudah menikah dan diakruniai lima orang putri, GKR Hemas tetap aktif berpolitik dan berorganisasi.

Dilansir dari berbagai sumber (12/04/2021), berikut peran GKR Hemasdalam dunia politik.

Baca Juga: Yuk Intip Profil Juliana Mandacan, Istri Gubernur Papua Barat yang Peduli Sesama

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas