Akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu bagi masyarakat muslim Indonesia pun tiba. Bulan puasa akan segera kita jelang dalam 1-2 hari mendatang. 

Negara Indonesia sebagai negara dengan umat Muslim yang terbanyak pun pastinya ikut menyaksikan perhelatan sidang isbat yang dilaksanakan pada sore ini.

Ketika hilal sudah terlihat, maka keesokan harinya akan ditetapkan sebagai hari pertama dalam menjalani ibadah puasa. Namun, banyak halangan yang bisa mengusik terlihatnya hilal. Apalagi, di beberapa titik tak terlihat kemunculan hilal karena cuaca buruk yang melanda titik tersebut.

Beruntung, sidang isbat yang diadakan pada hari ini (12/4) bertepatan 29 Sya’ban 1442 H telah memutuskan kapan tepatnya 1 Ramadhan 1442 H akan dimulai. 

Tok! Sidang isbat menetapkan esok hari, 13 April, sebagai 1 Ramadhan 1442 H, hari pertama dimulainya berpuasa. Hal ini diumumkan oleh Menteri Keagamaan, Yaqut Cholil Qoumas.

Mulai hari esok, umat Muslim sudah dapat menjalankan ibadah puasa dan mulai hari ini, umat Muslim juga sudah dapat menjalankan ibadah salat tarawih. 

Baca Juga: Bukan Halangan, Begini Cara Aman Berpuasa di Bulan Ramadan Buat Kamu yang Menderita Diabetes

Salat tarawih sendiri boleh dijalankan di masjid dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dan memberlakukan aturan jaga jarak. Selamat menjalankan ibadah puasa!