Hari pertama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah jatuh di hari ini, Selasa (13/04/21). Umat muslim di seluruh dunia mulai menjalani ibadah puasa di hari ini yang diadakan setiap tahun selama satu bulan ke depan.

Menyambut bulan suci bagi umat Muslim, Wakil Presiden Amerika Serikat, Kamala Harris turut mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh umat muslim di dunia.

"Doug (suami Kamala Harris) dan saya menyampaikan salam terhangat dari kami untuk semua yang menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadhan," kata Kamala Harris dalam sebuah video sambutan yang ia unggah di akun Instagram resminya, Selasa (13/04/21).

Kamala menyangyangkan kondisi pandemi Covid-19 yang masih menyerang beberapa negara di berbagai belahan dunia, salah satunya Amerika Serikat dan Indonesia yang berakibat kepada aktivitas di bulan Ramadhan enggak bisa dijalankan secara normal seperti Ramadhan sebelum-sebelumnya.

"Acara dan pertemuan yang digelar untuk berbuka puasa dipenuhi dengan cinta, komunitas, serta makanan yang bergizi. Dan juga seperti tahun lalu, Ramadhan kali ini akan terasa berbeda dengan buka puasa secara daring dan ibadah virtual," ujar Kamala Harris.

Ini merupakan Ramadhan kedua yang dijalankan umat Muslim dunia dengan penerapan yang berbeda. Di Indonesia sendiri, tradisi mudik sejak tahun 2020 lalu dilarang demi mempersempit penyebaran virus Corona.

Karena terhambat situasi pandemi, tradisi buka puasa dan jamuan Idul Fitri di Gedung Putih untuk tahun 2021 dilakukan secara daring. Meski begitu, Kamala Harris mewakili Joe Biden, berjanji akan membuka Gedung Putih pada lebaran tahun berikutnya, 2022.

"Tahun depan, Presiden Joe Biden sangat menantikan momen pembukaan Gedung Putih kembali dalam rangka merayakan Idul Fitri dan menandai berakhirnya bulan suci Ramadhan," ungkap Kamala Harris.

Tradisi jamuan bulan Ramadhan sampai Idul Fitri di Gedung Putih sudah dilaksanakan sejak tahun 1996 saat Amerika Serikat masih di bawah kepemimpinan Bill Clinton. Tradisi itu pernah hilang di masa Donald Trump (2017) yang memutuskan tradisi tersebut enggak ada pada masa jabatnya.

Kamala Harris menutup sambutannya tersebut dengan mengucapkan ucapan selamat berpuasa di bulan suci Ramadhan ini.

"Until then, Ramadhan kareem," tutupnya.