Menu

Catat! 7 Makanan Bergizi Ini Cocok Buat Bumil Lho!

14 Januari 2020 15:00 WIB
Catat! 7 Makanan Bergizi Ini Cocok Buat Bumil Lho!

Wanita Hamil (Unsplash/Ryan Franco)

HerStory, Jakarta —

Menjaga pola makan selama kehamilan itu penting banget lho, Beauty! Selain baik untuk Bunda, baik pula untuk kesehatan si Bayi selama dalam kandungan. Pola makan yang sehat ialah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, vitamin dan mineral tambahan.

Mengutip dari laman Healthline, wanita hamil membutuhkan 350-500 kalori ekstra setiap hari selama trimester kedua dan ketiga. 

Pola makan yang kekurangan nutrisi utama dampat berdampak buruk pada perkembangan bayi. Untuk itu, perlu banget menjaga pola makan selama kehamilan dengan mengonsumsi makanan bergizi seperti di bawah ini.

Susu

Selama kehamilan, Bumil perlu banget mengonsumsi protein dan juga kalsium untuk memenuhi kebutuhan janin yang sedang tumbuh. Susu adalah sumber kalsium makanan terbaik dan menyediakan fosfor dalam jumlah tinggi, vitamin B, magnesium dan juga seng.

Enggak cuma itu, kamu juga bisa mengonsumsi Yoghurt Yunani yang mengandung lebih banyak Kalsium. Beberapa varietas juga mengandung bakteri probiotik yang mendukung kesehatan pencernaan.

Legum

Legum adalah sumber nabati yang sangat baik dari serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium. Kandungan di dalam Legum sangat dibutuhkan untuk Bumil. Kelompok makanan ini termasuk lentil, kacang polong, buncis, kedelai, dan kacang tanah.

Ubi Jalar

Selanjutnya adalah Ubi Jalar, umbi-umbian yang satu ini kaya akan beta-karoten senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang sehat.

Salmon

Salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3 esensial di mana sangat penting selama kehamilan. Tinggi akan asam lemak omega-3 dapat membantu pertumbuhan otak dan mata janinimu.

Telur

Di dalam telur mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan. Telur dengan ukuran besar, mengandung 77 kalori serta protein dan lemak yang berkualitas tinggi. Enggak cuma itu, telur juga meruoakan sumber Kolin yang bagus. Kolin sangat penting bagi tubuh, termasuk perkemabangan otak dan kesehatan. 

Asupan kolin yang rendah selama kehamilan memingkatkan risiko cacat tabung saraf dan menyebabkan penurunan fungsi otak janin lho

Perlu Beauty tahu, kalau dalam satu telur mengandung sekitar 113 miligram kolin yang merupakan 25 persen dari RDI untuk wanita hamil lho!

Berry

Buah Berry mengandung air, karbihodrat, vitamin C, serta, dan juga antioksidan. Buah ini umumnya mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi yang membantu tubuh dalam menyerap zat besi. Vitamin C ini juga penting untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh.

Gandum utuh

Terakhir ialah gandum utuh. Buat Bumil yang memasuki trimester kedua dan ketiga cocok banget nih untuk rutin mengonsumsi gandum utuh. Gandum utuh dapat memenuhi kebutuhan kalori bagi wanita hamil.

Gandum utuh dikemas dengan serta, vitamin, dan senyawa tanaman. Oat dan quinoa juga mengandung protein dalam jumlah yang cukup. Selain itu, gandum utuh juga kaya akan vitamin B, serat, dan magnesium.

Baca Juga: Gawat! Bayi Sering Dicium Rentan Terkena Infeksi, Bunda Harus Waspada!

Baca Juga: Salut! 6 Selebritis Hollywood Ini Membagikan Momen Menyusui Anaknya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Witri Nasuha