Ketika sedang hamil, para calon ibu akan menginginkan beberapa jenis makanan. Salah satu makanan yang sering diidamkan oleh ibu hamil alias bumil ini adalah makanan manis yang mengandung banyak gula.

Namun, bumil harus waspada nih jika sering mengonsumsi gula di saat hamil. Pasalnya ada sebuah studi baru yang mengungkap informasi penting terkait hubungan gula dan kesehatan otak janin.

Dilansir dari Moms (14/4/2021) studi mengungkapkan bahwa bumil yang mengonsumsi gula atau pengganti gula dalam jumlah tinggi selama kehamilan dikaitkan dengan dampak buruk pada perkembangan otak dan keterampilan memori pada jabang bayi yang di kandung lho. Peneliti dalam studi ini melihat dampak asupan gula terutama selama kehamilan.

Studi yang diterbitkan dalam American Journal of Preventive Medicine tersebut mengamati data dari lebih dari 1.000 pasang ibu dan anak. Bumil yang menjalani diet tinggi gula, terutama mereka yang minum soda selama kehamilan, lebih berisiko memiliki anak dengan keterampilan kognitif yang buruk. Keterampilan kognitif dapat mencakup segala hal mulai dari kemampuan verbal, keterampilan memecahkan masalah, hingga daya ingat anak. 

Sebaliknya, konsumsi buah yang tinggi ternyata memiliki efek yang baik. Gula alami yang ditemukan dalam buah-buahan dan jus memberikan dampak positif untuk kemampuan motorik visual dan kecerdasan verbal.

Baca Juga: Jerawatan saat Hamil? Ketahui Penyebabnya dan Cara Aman Mengatasinya

Para ahli kesehatan menganjurkan agar anak-anak di bawah usia dua tahun untuk tak mengonsumsi tambahan gula. Sementara anak-anak berusia dua tahun atau lebih sebaiknya mengonsumsi gula tak lebih dari 25 gram atau enam sendok teh.