Pernikahan adalah sebuah momen penting yang akan berlangsung satu kali seumur hidup. Semua orang yang ingin menikah pun akan mempersiapkan semuanya dengan matang. Namun, setiap pasangan pasti memiliki keinginan acara pernikahan yang berbeda-beda, ada yang ingin mengadakan pesta megah dan adapula yang ingin pesta sederhana.

Nah, di Indonesia banyak sekali ragam suku yang berbeda-beda dan unik. Saat pesta pernikahan, pasti kamu dan pasanganmu ingin memperkenalkan adat dan tradisi daerah masing-masing. Benar begitu, kan?

Setiap daerah memiliki adat tersendiri dalam menggelar acara pernikahan. Uniknya, ada daerah-daerah di Indonesia yang memakan banyak biaya untuk menggelar pesta pernikahan alias bisa bikin kepala kamu geleng-geleng kalau melihat harganya. Daerah mana saja, sih? Yuk, simak baik-baik, ya!

Adat Bugis

Pertama, ada Suku Bugis di daerah Sulawesi Selatan yang memiliki proses persiapan pernikahan dengan melibatkan banyak orang dan tentunya memakan banyak uang untuk menggelar acara. Salah satu ada yang harus dijalani adalah Mappaiseng dan Mattampa, yakni penyebaran informasi pada seluruh orang di desa mengenai pernikahan yang akan berlangsung. Selain itu, mahar yang diberikan juga harus sesuai dengan tingkat pendidikan mempelai wanita. 

Untuk biaya melakukan upacara pernikahan Adat Bugis berada di kisaran angka Rp100 juta, lho! Maharnya pun ternyata bisa mencapai angka Rp75 juta. Sudah siap menikah dengan Adat Bugis?

Baca Juga: Dari Dipukul hingga Memecahkan Piring, Begini 5 Tradisi Pernikahan Paling Unik di Berbagai Negara!