Menu

OVO Beberkan Survey Perilaku Masyarakat di Saat Ramadan: 6 dari 10 Orang Ngaku Sulit Atur Keuangan di Bulan Puasa!

14 April 2021 12:00 WIB
OVO Beberkan Survey Perilaku Masyarakat di Saat Ramadan: 6 dari 10 Orang Ngaku Sulit Atur Keuangan di Bulan Puasa!

Konferensi Pers Virtual OVO #RaihIkhlas dan Survei Perilaku Konsumen saat Ramadan. (Press Release/OVO)

HerStory, Jakarta —

Tahun 2021 merupakan tahun kedua bulan suci Ramadan dijalankan pada masa pandemi. Tentu kesabaran dan keikhlasan menjadi kata kunci dalam menghadapi tantangan ini.

OVO sebagai platform pembayaran digital dan layanan keuangan terdepan di Indonesia menggaungkan kampanye dan inspirasi #RaihIkhlas untuk membantu penggunanya menjalani Ramadan dengan lebih baik melalui fitur-fitur layanannya seperti pembayaran digital termasuk juga fitur donasi, OVO | Proteksi dan OVO | Invest.

"Bulan Ramadan, bulan penuh kebaikan dan keberkahan adalah bulan yang selalu ditunggu umat Muslim. Ramadan menjadi momen introspeksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik, salah satunya menjadi pribadi ikhlas, terlebih lagi dalam kaitannya kita harus kembali menjalani Ramadan di masa pandemi di mana banyak sekali tantangan dan cobaan yang harus kita hadapi dengan hati yang ikhlas," ujar Harumi Supit, Head of Corporate Communication OVO saat Konferensi Pers Virtual OVO #RaihIkhlas dan Survei Perilaku Konsumen saat Ramadan, Selasa (13/4/2021).

"Salah satu dari tantangan itu adalah mengenai mengatur keuangan di masa Ramadan. OVO melalui semangat keikhlasan menggaungkan kampanye #RaihIkhlas dalam menerima dan melepaskan kekhawatiran untuk mencapai Hari Kemenangan. Untuk itu, OVO melalui kampanye #RaihIkhlas berupaya untuk mendukung masyarakat pada saat ini melalui kemudahan solusi pembayaran, investasi dan asuransi digital termasuk juga kemampuan untuk menyalurkan sedekah secara online,” tukasnya.

Tantangan tersebut pun dibenarkan oleh Irma Gustiana A, S.Psi, M.Psi, Psikolog, PGCertPT. Berdasarkan penjelasannya ternyata banyak persoalan bermunculan selama pandemi. Bukan hanya masalah kesehatan, pandemi juga mengubah hampir seluruh lini kehidupan, termasuk perekonomian bahkan psikologis seseorang.

Berdasarkan data Lembaga Penelitian SurveyMeter, pada akhir Mei 2020 tingkat kecemasan dan depresi penduduk Indonesia pada masa pandemi meningkat, 55% mengalami gangguan kecemasan dan 58% mengalami gangguan depresi. Ketidakikhlasan dalam menerima masalah, takdir, atau apa yang ada dalam hidup akan menghalangi kebahagiaan dan menurunkan kualitas hidup, baik fisik maupun mental. Oleh karena itu, berupayalah untuk ikhlas, sabar, dan senantiasa bersyukur.

Pada kesempatan yang sama, OVO mengumumkan survei perilaku masyarakat Indonesia terkait pengelolaan keuangan di bulan Ramadan dan masa pandemi.  Adapun tujuan dilakukannya survei ini adalah ingin mengetahui perilaku masyarakat Indonesia dalam pengelolaan keuangan di bulan Ramadan khususnya di masa pandemi, sehingga OVO sebagai layanan keuangan dapat membantu masyarakat memberikan solusi dan inspirasi mengatur pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Survei tersebut mengungkap beberapa fakta, antara lain:

  1. 6 dari 10 orang mengaku sulit mengatur keuangan selama Ramadan, terlebih karena pandemi dimana kebutuhan cenderung lebih banyak.
  2. 52% orang menggunakan dana darurat (yang ditarik dari tabungan / investasi) guna memenuhi kebutuhan saat Ramadan.
  3. 4 dari 10 orang melenceng jauh dari rencana awal terkait perencanaan keuangan saat Ramadan.
  4. 43% orang menggunakan seluruh THR-nya untuk kebutuhan Ramadan dan Idul Fitri.
  5. Hanya 4 dari 10 orang yang menyimpan THRnya untuk tabungan jangka panjang.
  6. 50% orang akan tetap memberi THR meskipun tidak dapat bertemu saudara dan kerabat. THR tersebut akan dibagikan melalui transfer.
  7. Tidak mendapat THR menjadi kekhawatiran terbanyak yang dipilih responden terkait Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.
  8. Mayoritas responden memilih untuk menyalurkan THR sebagai hadiah untuk orang lain, kebutuhan sehari-hari, ditabung dan berinvestasi.

“Kami memahami tantangan yang begitu besar di bulan Ramadan dan masa pandemi, OVO berharap dengan kampanye #RaihIkhlas dan hasil survei pengelolaan keuangan ini dapat membantu masyarakat Indonesia mengatur kelola keuangan lebih baik dan kita bersama dapat meraih ikhlas, menerima kondisi ini dan terus bersemangat menjalani Ramadan yang khidmat,” tutup Harumi.

Baca Juga: Cara Dapat Hadiah Ratusan Juta dari OVO, Ternyata Syaratnya Cuma Transaksi Mulai Rp10 Ribu?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana

Artikel Pilihan