Menu

Berkedok Diskon Ramadan, Ini Cara Atur Keuangan Agar Tak Boros di Bulan Puasa

Nada Saffana
14 April 2021 16:00 WIB
Berkedok Diskon Ramadan, Ini Cara Atur Keuangan Agar Tak Boros di Bulan Puasa

Pedagang menunjukkan pecahan uang rupiah kuno di Pasar Baru, Jakarta, Jumat (30/10/2020). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/pras)

HerStory, Jakarta —

Memasuki bulan Ramadan ternyata banyak orang yang merasakan sulitnya mengatur keuangan. Hal itu dibeberkan langsung oleh Perencana Keuangan Lolita Setyawati.

Mayoritas masyarakat sulit mengatur pengelolaan keuangan. Kesalahan yang sering kali dilakukan saat Ramadan, antara lain enggak membuat perencanaan atau anggaran dan enggak mencatat pengeluaran.

Selain itu, saat Ramadan banyak produk 'berkedok' diskon sehingga buat masyarakat mudah tergoda untuk membeli hal yang sebenarnya kurang dibutuhkan. Bahkah untuk membeli barang itu enggak jarang menggunakan sumber dana yang enggak sesuai peruntukkan misalnya dana darurat.

"Sementara saat Ramadan, kita mempunyai beberapa kebutuhan tambahan ataupun pengeluaran khas Ramadan, seperti biaya mudik, zakat, memberikan THR pada yang bekerja dengan kita, memberikan bingkisan baik keluarga maupun kerabat. Banyak faktor yang membuat pengelolaan keuangan melenceng dan harus disiplin membagi antara pos penting, cukup penting dan kurang penting,” ujar Lolita saat Konferensi Pers Virtual OVO #RaihIkhlas dan Survei Perilaku Konsumen saat Ramadan, Selasa (13/4/2021).

Dengan begitu, Lolita pun membocorkan beberapa cara yang efektif untuk mengatur keuangan saat bulan Ramadan. Ia berpendapat bahwa bulan Ramadan jadi waktu terbaik untuk mengubah pola pikir dalam mengelola keuangan.

"Momentum Ramadan ini pas sekali untuk ubah mindset menggunakan uang di masa depan dan berusaha berpikir cukup, kita mengeluarkan dana sesuai dengan kemampuan," imbuh Lolita.

Beberapa tips mengatur keuangan selama Ramadan, yaitu:

  1. Buatlah daftar prioritas sesuai kebutuhan
  2. Siapkan dana ekstra untuk kebutuhan tambahan
  3. Belanja di awal atau dicicil sebelum bulan Ramadan
  4. Buatlah menu sahur dan buka puasa untuk menghindari pembelanjaan makanan yang impulsif