Tak hanya susu khusus ibu hamil yang baik untuk dikonsumsi, tapi juga ada beberapa makanan lain yang tak kalah bermanfaat untuk produksi ASI. Salah satu makanan itu adalah buah kurma.

Kurma memiliki sejumlah khasiat, baik untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Kurma mengandung beberapa jenis nutrisi bagi calon ibu. Nutrisi tersebut kemudian akan membawa manfaat yang sangat besar bagi ibu hamil yang sering makan kurma selama hamil.

Setelah melahirkan, kurma diketahui bisa mengecilkan rahim lho. Di dalam buah kurma terdapat sejenis hormon yang disebut potuchsin yang memiliki khasiat mengecilkan pembuluh darah di rahim. Zat ini kemudian membuat rahim mengecil setelah melahirkan. Selain itu, zat tersebut juga dapat mencegah terjadinya perdarahan postpartum, terutama pada persalinan normal.

Manfaat kurma yang selanjutnya adalah dapat memperlancar produksi ASI. Kandungan zat besi dan kalsium pada kurma sangat berperan besar dalam hal kuantitas dan kualitas ASI. Tak heran jika banyak orang tua yang berpesan pada putrinya yang baru melahirkan untuk banyak mengonsumsi makanan kaya zat besi dan kalsium seperti kurma.

Tak hanya itu, kurma juga dapat memulihkan tenaga setelah proses persalinan. Satu butir kurma diperkirakan mengandung 1,8 hingga 2 persen protein, 2 hingga 4 persen serat, dan 50-57 persen zat glukosa.

Baca Juga: Ibu Menyusui Konsumsi Telur, Amankah untuk ASI?

Kandungan beberapa zat tersebut, menurut penelitian, dapat memulihkan tenaga yang hilang atau berkurangnya tenaga saat proses persalinan.