Jika berbicara tentang Kalimantan Timur pasti identik dengan keindahan alamnya. Kaltim menjadi salah satu wilayah yang memiliki banyak sekali destinasi wisata alam yang indah.

Salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi saat ke Kaltim adalah Pulau Derawan. Mungkin sudah enggak asing lagi di dengar, pulau Derawan dikenal sebagai surganya Borneo lho.

Pada tahun 2005, pemerintah Kalimantan Timur mendaftarkan pulau Derawan sebagai situs warisan dunia ke Unesco. Dengan upaya tersebut, pulau Derawan pun langsung dikenal publik baik dalam negeri maupun dari luar negeri.

Pulau Derawan memiliki julukan Pristine Island. Hal itu dilatarbelakangi dengan keasriannua serta melimpahnya biota laut di pulau Derawan.

Para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pasir putih serta birunya air laut di pulau yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini. Di dalam laut, para wisatawan bisa melihat penyu sisik dan penyu hijau. Selain itu, banyak juga terumbu karang yang menjadi posisi terindah ke dua setelah Raja Ampat lho.

Untuk menuju ke pulau Derawan, tersedia dua cara. Pertama terbang ke Tarakan, disambung dengan angkutan umum ke Pelabuhan Tengkayu Tarakan, kemudian menggunakan speedboat ke Pulau Derawan.

Baca Juga: Mengetahui Sejarah hingga Resep Nasi Bekepor, Makanan Khas Kalimantan Timur yang Digunakan untuk Menyebarkan Agama Islam

Kedua terbang ke Berau, disambung dengan perjalanan darat menggunakan mobil selama selama 3 jam ke Pelabuhan Tanjung Batu dan lanjut ke Pulau Derawan.