Kondisi kesehatan ibu adalah hal yang mutlak dipertimbangkan sebelum menjalankan ibadah puasa. Ibu hamil dengan kondisi kesehatan tertentu, seperti hipertensi, diabetes, kehamilan awal, atau yang bermasalah dengan bayinya, memang nggak disarankan untuk menjalankan puasa secara penuh.

Namun, bagi ibu hamil yang menjalankan ibadah puasa, Moms perlu mengatur asupan makanan pada saat sahur dan berbuka puasa.

Dilansir dari berbagai sumber, (16/04/2021), pada saat berpuasa tubuh akan kekurangan cairan, maka penting bagi ibu hamil untuk memerhatikan asupan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Bagi ibu hamil, asupan gizi yang seimbang adalah modal untuk memberikan kehidupan terbaik ketika bayi ada di dalam kandungan.

Untuk itu, ibu hamil sebaiknya memerhatikan asupan makanan ketika berpuasa, baik saat berbuka maupun di saat sahur.Terutama makanan yang mudah dimetabolisme oleh tubuh ketika berbuka puasa seperti kurma.

Ketika berpuasa, tekanan darah dan kadar gula darah di dalam tubuh menjadi rendah. Untuk memperbaiki ketidakseimbangan tersebut, umat Muslim biasanya berbuka puasa dengan kurma. Karbohidrat dalam kurma akan dicerna secara perlahan oleh tubuh dan melepas energi secara berkelanjutan.

Saat berbuka puasa, segeralah berbuka dengan cairan yang manis dan mulai dengan makanan ringan secara bertahan dan perlahan. Makanan pembuka seperti kolak adalah salah satu yang disarankan karena dapat menaikkan gula darah.

Baca Juga: Bumil Jalani Ibadah Puasa, Amankah?

Ketika hamil, ibu mengalami tekanan di rahim yang menyebabkan Moms merasa lebih cepat kenyang. Untuk itu, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan porsi kecil tetapi sering.