Menu

Sempat Viral Pernyataannya tentang Enggak Mau Tambah Anak, Rachel Goddard Putuskan Angkat Rahim

Diffa Nur Zahra
16 April 2021 14:45 WIB
Sempat Viral Pernyataannya tentang Enggak Mau Tambah Anak, Rachel Goddard Putuskan Angkat Rahim

Rachel Goddard (Instagram/rachgoddard)

HerStory, Jakarta —

Youtuber Rachel Goddard mengumumkan keputusannya untuk angkat rahim karena sakit yang ia derita, miom dan kista dengan ukuran masing-masing 3 cm di dalam tubuhnya.

Hal tersebut baru diungkapnya ke hadapan publik, padahal ia sendiri sudah merasakan sakit sejak lama. Hampir setiap bulannya saat masa menstruasi, ia merasakan penderitaan yang sakitnya bukan main. 

Rasa sakit ini mengganggu rutinitas kerjanya karena Rachel mengaku sulit berjalan, menggeser posisi tidur sampai hampir pingsan. Hal yang sama juga ia rasakan selama 9 bulan mengandung anak semata wayangnya, Ashley Jarvis Goddard. Di masa kehamilannya, Rachel merasakan sakit yang enggak umum karena lambung dan ususnya terimpit ketika kista dan rahim membesar seiring bertumbuhnya usia janin.

Kista sebesar 3 cm di dalam tubuhnya sudah berhasil dioperasi bersamaan dengan ia melahirkan anaknya secara caesar. Berharap rasa sakitnya bisa berkurang, selang beberapa tahun setelah melahirkan, Rachel merasa perutnya semakin sakit daripada sebelumnya.

Akhirnya ia pun memberanikan diri untuk mengangkat rahimnya setelah mencoba bertahun-tahun untuk mempertahankannya dengan segala obat-obatan dari dokter.

"Kenapa akhirnya gue memilih operasi angkat rahim, karena satu gue udah enggak kepengin punya anak lagi, percayalah susah banget untuk punya anak tuh kalau punya kista, miom, apalagi udah besar," kata Rachel dalam kanal YouTube pribadinya.

Rachel Goddard mengikhlaskan rahimnya diangkat meski dengan risiko enggak bisa mempunyai anak lagi. Ia juga enggak akan merasakan sakit saat menstruasi.

"Tapi ini keputusan yang udah gue ambil, gue memutuskan untuk operasi angkat rahim. Risikonya ya enggak bisa punya anak lagi, rahimnya udah diambil, dan gue tidak akan mens, tidak akan pendarahan, tidak akan ada rasa sakit lagi, itu sih yang paling penting," ungkap Rachel.

Sebelumnya Rachel Goddard pernah viral dengan pernyataan enggak mau memiliki anak lagi dan menyinggung masalah banyak anak banyak rezeki.

"Buat gue anak tuh sebuah tanggung jawab. Kalo lo mau rejeki ya kerja bukan bikin anak," kata Rachel saat itu.

Ia lebih mempercayakan anaknya jadi anak tunggal daripada harus menambah anak banyak dan akhirnya ia enggak bisa tanggung jawab mendidik mereka selayaknya yang harus dilakukan semua orang tua.

"AJ harus jadi anak yang baik biar banyak teman, karena nanti, kalau sudah besar AJ kesusahan belum tentu saudara sendiri yang akan bantu, justru kadang saudara yang bikin hidup susah. Tapi kalau AJ baik hati banyak yang sayang teman-teman AJ nanti yang akan bantu AJ," pungkas Rachel Goddard dengan jujur.