Sudah memasuki usia 20 tahun atau berada di kisaran umur 20-an memang menjadikan pribadi kita sebagai orang yang baru mengenal kedewasaan. Pada masa ini, biasanya seseorang baru saja mendapatkan pekerjaan pertamanya.

Mendapat pekerjaan baru, kita pun pastinya memiliki pendapatan baru dan pengeluaran baru. Hal ini sudah selayaknya diatur dengan baik agar kamu tak terkendala masalah finansial. 

Perencanaan keuangan sangat dibutuhkan bagi dirimu yang ada di usia 20-an sebagai peta agar kamu tahu kemana uangmu habis dan tujuan keuangan yang ingin kamu capai. 

Tujuan keuangan sendiri bisa merupakan tujuan keuangan jangka pendek maupun panjang. Bagaimana cara mendapatkannya? Yaitu dengan berinvestasi. 

Layaknya peta, investasi adalah kendaraan yang bisa menolongmu untuk pergi ke tujuan yang kamu inginkan. Tak hanya investasi, kamu juga harus siap siaga dan membawa kotak pertolongan pertama saat dirimu jatuh tiba-tiba. Kotak pertolongan ini adalah dana darurat. 

Baca Juga: Sudah Memasuki Usia 30-an, Saatnya Kamu Pahami Pelajaran Keuangan Ini, Nih!

Maka dari itu, untuk menyinsing masa depan yang gemilang dengan tujuan yang terarah, mari kita simak tips-tips perencanaan keuangan untuk usia 20-an yang dilansir dari rekan sindikasi Herstory, Finansialku.com!