Wanita muslim yang sedang hamil atau berencana untuk hamil mungkin bertanya-tanya apakah harus tetap berpuasa selama Ramadan. Terutama bagi wanita yang baru saja hamil anak pertama.

Hukum Islam memberikan izin bagi wanita hamil dan menyusui tak menjalankan ibadah puasa jika merasa khawatir akan membahayakan kesehatannya atau kesehatan bayinya. Puasa itu bisa diganti di kemudian hari, atau jika kurang memungkinkan, bisa diganti dengan fidyah.

Namun, beberapa wanita Muslim yang hamil memutuskan untuk berpuasa di bulan Ramadan. Ini adalah keputusan yang sangat pribadi dan akan tergantung pada keadaan diri sendiri, seperti usia kehamilan atau masalah kehamilan.

Sebelum memutuskan untuk puasa, ibu hamil alias bumil sebaiknya berkonsultasi dengan bidan atau dokter. Hal ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan, mengidentifikasi potensi komplikasi yang mungkin dihadapi saat berpuasa dan mengetahui apakah puasa dapat membahayakan diri atay kesehatan sang jabang bayi.

Apakah puasa selama kehamilan aman dilakukan?

Penelitian masih berlangsung di mengenai hal ini dan meskipun buktinya belum jelas, banyak ahli percaya bahwa berpuasa selama kehamilan bukanlah ide yang baik. Melansir laman Nutrition (19/4/2021) ada beberapa bukti menunjukkan bahwa wanita hamil yang berpuasa selama Ramadan mungkin memiliki plasenta yang lebih kecil atau bayi lahir dengwn berat badan yang sedikit lebih rendah dibandingkan dengan wanita yang enggak menjalankan ibadah puasa.

Selain itu, puasa juga dapat meningkatkan risiko dehidrasi, terutama jika Ramadan jatuh selama musim panas. Hal ini tentu dapat memengaruhi fungsi ginjal dan jumlah cairan pada kandungan.

Baca Juga: Jerawatan saat Hamil? Ketahui Penyebabnya dan Cara Aman Mengatasinya

Intinya dampak puasa selama kehamilan mungkin tergantung pada kesehatan ibu secara keseluruhan, usia kehamilan dan waktu terjadinya Ramadan. Lebih banyak penelitian diperlukan untuk memahami sepenuhnya apa dampak puasa terhadap kesehatan dan perkembangan bayi dan apa artinya bagi kesehatan anak di kemudian hari.