Orang tua yang memuji anaknya memang boleh-boleh saja, apalagi kalau si anak baru saja memeroleh prestasi yang membanggakan. Namun, apa yang akan terjadi jika kebiasaan memuji anak berlangsung terus-menerus?

Moms, saat mendapat pujian, anak akan senang dan merasa bangga pada dirinya. Lama-kelamaan, mereka akan merasa tak terkalahkan dan hanya dirinya saja yang paling istimewa. Tentu hal tersebut akan menimbulkan dampak negatif bagi mental mereka.

Dilansir dari berbagai sumber (20/04/2021), inilah beberapa dampak yang akan dialami anak saat ia mendapat pujian yang berlebihan dari orang tuanya. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Haus pujian

Moms, saat anak terus-menerus mendapatkan pujian dari orang yang disayanginya, ia akan berbangga hati. Nantinya, anak akan paham kalau salah satu cara terbaik untk mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya adalah dengan mendapat pujian. Nah, kalau sudah begitu, anak akan melakukan apa saja untuk mencapai hal itu.

Gampang menyerah

Saat anak selalu mendapat pujian bahkan untuk hal-hal yang biasa saja, ia enggak akan tahan saat menghadapi kesulitan. Padahal, banyak rintangan yang harus dihadapi nantinya. Kalau anak melakukan sesuatu dan enggak berhasil, dia akan mudah untuk frustrasi karena tujuannya untuk mendapatkan pujian dari orang tuanya.

Baca Juga: Gak Pakai Ngambek! Ini Tips Paling Ampuh untuk Bangunkan Anak...