Moms, asupan nutrisi sangat memengaruhi tumbuh kembang si kecil. Apalagi di 1.000 hari pertama kehidupannya, tumbuh kembang otak dan organ lainnya sangat bergantung pada nutrisi yang anak konsumsi. Salah satu nutrisi yang berpengaruh adalah 9 asam amino esensial (AAE) yang bisa diperoleh dari protein hewani. 

Prof. Dr. dr. Damayanti Rusli Sjarif, Sp.A(K), dalam Media Scientific Session yang diselenggarakan oleh PT Frisian Flag Indonesia secara daring pada Kamis (15/04/2021) mengatakan, kandungan 9AAE berperan besar dalam membantu pertumbuhan dan kecerdasan otak anak, termasuk dalam kondisi malnutrisi. Jika anak kurang mendapat asupan 9AAE di masa emas pertumbuhannya, maka pembentukan otaknya pun bisa tak maksimal.

"Kita harus memberi asupan dengan kandungan protein yang berkualitas, khususnya asam amino esensial yang yang ada dalam jenis yang lengkap serta jumlah yang cukup pada protein hewani,” kata Prof. Dr. dr. Damayanti.

Sembilan asam amino esensial itu mulai dari histidine, isoleucine, leucine, lysine, methionine, phenylalanine, threonine, tryptophan, dan valine. Semuanya akan berpengaruh pada perkembangan otak dan tubuh si kecil yang berdampak sampai ia dewasa.

Menjaga nutrisi si kecil di 1.000 hari pertamanya juga dapat menurunkan risiko stunting. Stunting membuat anak mengalami gangguan fungsi kognitif dan penurunan sistem imun serta obesitas dan hipertensi saat dewasa.

Di tahun 2018, ada 18 provinsi dengan angka stunting mencapai 30-40 persen. Angka tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu negara dengan kasus stunting terbesar di Asia Tenggara.

Baca Juga: Moms Harus Tahu, Ini yang Harus Diperhatikan dalam Mengatur Pola Makan Anak!