Ramadan sudah berjalan selama sepekan. Ibadah puasa pun terus dilakukan hingga hari lebaran.

Bagi para orang tua, mengajari anaknya untuk menjalani ibadah puasa mungkin agak sedikit menantang. Namun, ternyata banyak manfaat yang dirasakan anak-anak ketika menjalani ibadah puasa lho. Apa saja ya?

1. Belajar Disiplin

Ketika berpuasa, anak jadi belajar untuk disiplin. Bukan hanya disiplin dalam menahan rasa lapar, tetapi anak-anak juga belajar mendisplinkan pikiran dan tubuh. 

Selain itu, ketika anak-anak juga belajar disiplin ketika bangun pagi untuk makan sahur. Anak akan merasa bahwa sahur itu perlu dilakukan demi mempersiapkan ibadah puasa yang dijalaninya seharian.

2. Belajar Mengatur Emosi

Selain itu, ketika berpuasa, anak diajarkan untuk mengatur emosinya. Pasalnya kemarahan bisa membatalkan ibadah puasa yang sedang dijalani. Anak-anak pun mulai belajar untuk sabar dan tak marah-marah ketika puasa.

3. Lebih Banyak Bersyukur

Ketika puasa yang ada dipikiran anak-anak adalah larangan makan dan minum. Dengan begitu, ia pun mulai lebih menghargai waktu-waktu yang dibebaskan untuk makan. Serta bisa belajar bersyukur atas apa yang dimiliki selama ini.

4. Meningkatkan Kebiasaan Baik

Baca Juga: Gak Cuma Diidap Orang Dewasa, Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak, Waspada Moms Ini Ciri-cirinya!

Ramadhan bertujuan untuk meningkatkan akhlak dan kebiasaan yang baik. Ketika ramadan, anak pun membatasi diri dari keburukan dan kebiasaan negatif seperti berdebat atau berkelahi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas