Enggak cuma keindahan alam yang memukau di Papua, tapi adat istiadat dan tradisi juga begitu menarik dan unik. Kalau kamu masyarakat Papua, pasti kamu sudah enggak asing lagi dengan tradisi-tradisi unik di sana. 

Papua memiliki berbagai macam keunikan yang menjadikan hal tersebut ciri khas masyarakat di sana. Nah, apa saja sih tradisi unik yang ada di Papua? Yuk, simak baik-baik, ya!

Tradisi Mumi

Tradisi Mumi menjadi salah satu yang unik di Papua. Pasalnya, jenazah yang diawetkan untuk dijadikan mumi bukan jenazah sembarangan, tapi orang yang sangat berjasa untuk suku mereka. Tradisi ini memang enggak dilakukan semua anggota suku, hanya beberapa saja yang melakukan, seperti Suku Moni, Suku Yali, Suku Mee, dan Suku Dani.

Tradisi Tifa Darah

Selanjutnya yang menarik adalah Tradisi Tifa Darah. Tifa merupakan salah satu alat musik tradisional masyarakat Papua yang terbuat dari kulit biawak. Menariknya, bahan yang dipakai untuk menempelkan kulit ke ujung gendang kayu adalah darah mereka sendiri. Suku Kamora memakai darah mereka sendiri yang berasal dari kucuran darah di bagian paha. Untuk melukainya, biasanya mereka menggunakan silet di bagian paha.