Siapa sih orang yang mau dibohongi? Semua orang pasti ingin pasangan jujur pada kita meskipun kejujuran itu bisa melukai perasaan kita. 

Banyak orang yang mengaku tahu kalau dirinya tengah dibohongi orang lain. Namun, fakta sains menyatakan sebaliknya. Seseorang umumnya enggak sadar ketika dibohongi. Profesor Psikologi Kepemimpinan dan Organisasi Ronald E Riggio, memaparkan ada lima alassan mengapa seseorang mudah dibohongi seperti dikutip dari berbagai sumber, (21/04/2021).

1. Bergantung pada stereotipe

Mayoritas orang percaya pada segelintir stereotipe mengenai seorang pembohong, salah satunya adalah pembohong enggak akan berani melihat langsung ke mata saat berbicara. 

Nyatanya ini enggak sepenuhnya benar. Masih banyak pembohong yang mampu melihat mata kita dan berbohong. Tujuannya agar kebohongannya terlihat meyakinkan dan kamu pun tertipu.

2. Bias

Sejumlah penelitian menunjukkan jika manusia memiliki semacam mekanisme yang membuatnya yakin bahwa kebanyakan orang adalah individu yang jujur. Bahkan dalam sebuah studi di mana setengah partisipannya berbohong, para objek menilai bahwa mereka berkata jujur.

Baca Juga: Ngeri Banget! Kebiasaan Berbohong Ternyata Bisa Merusak Kesehatan Otak!