Setiap tanggal 21 April, masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini. Perjuangan RA Kartini membuat para wanita kini bisa mendapatkan hak untuk berpendidikan secara layak.

Meski begitu, para kaum wanita masih terus melanjutkan perjuangan Raden Ajeng Kartini. Salah satu cara agar bisa sukses mewujudkan hal itu adalah dengan mencintai diri sendiri. Bertepatan dengan Hari Kartini, berikut ini beberapa cara untuk mencintai diri sendiri:

1. Kenali Diri

Hal pertama yang wajib dilakukan sebelum mencintai adalah mengenali diri sendiri. Pasalnya cinta enggak akan tumbuh ketika kamu tak mengenali dirimu sendiri. Untuk itu, jangan segang untuk menemukan apa yang kamu yakini, hargai, dan sukai.

2. Ketahui Makna Cinta

Langkah selanjutkan ketika belajar mencintai diri sendiri adalah memahami arti cinta diri. Pikirkan itu dalam konteks cinta yang kamu miliki untuk pasangan atau teman dekat. Itu berarti bahwa kamu menyadari kekurangannya tetapi kamu tetap menyayangi, mempercayai, dan mendukungnya.

"Mencintai diri sendiri berarti menerima kekuatan, kelemahan , dan segala sesuatu yang ada di dirimu," kata Hannah Elise Rose, LCPC, seorang terapis kejiwaan dikutip dari Good Housekeeping (21/4/2021).

3. Berhanti Membandingkan Diri

Setelah mencintai kekurangan yang ada di diri sendiri, langkah selanjutnya adalah berhenti membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain merupakan salah satu tanda bahwa kamu tak mencintai diri sendiri.

Kamu harus paham bahwa setiap orang diciptakan berbeda-beda. Dan, berbeda itu bukan hal yang mengkhawatirkan, justru dari perbedaan bisa menjadi pelengkap satu sama lain. 

Baca Juga: Potret Cantik Felicia Tissue Kenakan Kebaya di Hari Kartini