Pasangan manapun pasti tak ada yang berniat untuk berpisah setelah sah menjadi suami istri. Namun, seorang ahli biologi dari Amerika mengungkapkan kecenderungan pasangan untuk bercerai setelah beberapa tahun hidup bersama sebagai pasangan.

Mengutip dari berbagai sumber, (23/04/2021) peneliti dari Rutgers University, Helen Fisher mengatakan bahwa telah mempelajari apa yang disebut "7 tahun gatal" di mana sering dialami sebagian pasangan. 

Fisher memulai penelitiannya dengan studi data global di mana ia menemukan bahwa perceraian sering terjadi di usia yang tepat untuk melahirkan dan merawat buah hati. Biasanya terjadi saat lelaki berusia 25-29 tahun, sedangkan wanita berusia 20-24 tahun.

Menurut Fisher, memilih pasangan baru bisa menjadi sarana untuk mempertahankan kelangsungan hidup mereka.

Dengan demikian alasan cerai manusia saat ini di usia ke-empat hingga ke-tujuh pernikahan merupakan peninggalan zaman dahulu. Dengan memahami sifat manusia ini akan membantu kita untuk mengantisipasi momen krusial di periode ke-4 hingga ke-7 pernikahan.

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa puncak kebahagiaan pasangan yang telah menikah setelah 7 tahun pernikahan tak sepenuhnya benar. Mereka menyebut bahwa kekayaan keluarga yang mulai menguap setelah tujuh tahun hidup bersama meningkatkan risiko perceraian.

Beberapa ilmuwan ada juga yang menyebut pernikahan paling rapuh terjadi setelah 10 tahun hidup bersama. Jika pasangan telah melewati rintangan hidup bersama-sama hingga tahun ke 10, maka kemungkinan mereka untuk hidup bersama selamanya lebih tinggi.

Baca Juga: Tahun Pertama Pernikahan Jadi yang Terberat untuk Dilalui Lho! Kenapa Ya?

Kalau usia pernikahanmu sudah masuk masa rentan belum nih, Moms?