Semua bayi tumbuh dan berkembang dengan cara yang berbeda. Namun, ada hal yang penting yang harus diperhatikan para orang tua demi memaksimalkan pertumbuhan si kecil. Hal tersebut adalah berat badan bayi, terutama di 1000 hari pertama kehidupannya.

Banyak kasus di mana seiring berjalannya waktu, tak ada perubahan berat badan bayi seperti yang diharapkan. Hal ini bisa saja terjadi meskipun bayi memiliki nafsu makan yang baik.

Bayi yang kekurangan berat badan dapat mengalami masalah seperti keterlambatan perkembangan, masalah perilaku dan tubuhnya sulit melawan infeksi. Sebagai orang tua, kapan sebaiknya mulai mengkhawatirkan berat badan bayimu?

Ada tiga alasan mengapa berat badan bayi enggak bertambah, seperti kurangnya asupan kalori, tubuhnya tak menyerap kalori, atau bahkan membakar terlalu banyak kalori.

Bayi yang baru lahir harus mengonsumsi sekitar 1,5 hingga 2 ons ASI atau susu formula setiap 3 jam. Bayi prematur membutuhkan lebih banyak kalori. 

Baca Juga: Berapa Kenaikan Berat Badan yang Ideal pada Ibu Hamil?

Kesulit menyerap makanan juga jadi salah satu penyebab bayi tak bertambah berat badannya. Ini disebabkan karena adanya masalah usus tertentu, seperti penyakit seliaka, alergi makanan, dan diare.