Sejak pandemi virus Corona mulai merebak di Tanah Air, public figure hingga tokoh masyarakat saling bahu-membahu memberikan donasi dalam membantu tenaga medis. Kini giliran Soimah Pancawati yang enggak mau ketinggalan berbuat kebaikan di tengah musibah yang tengah melanda dunia ini. Selain mengedukasi masyarakat untuk menggunakan masker, artis multitalenta ini juga berniat membagikan masker kain gratis buatan tangannya sendiri.

Soimah paham betul pentingnya menggunakan masker di tengah pandemi Corona. Terlebih lagi, saat berpergian keluar harus menggunakan masker demi meminimalisir tertularnya virus tersebut.

Baca Juga: Ajak Masyarakat Gunakan Masker Kain, Soimah: Masker Medis Biar Tim Medis yang Gunakan

Lewat video yang diunggah ke dalam Instagram TV pribadinya, istri Herwan Prandoko ini mengatakan kalau ia kini tengah memproduksi masker kain. Masker kain yang diproduksi Soimah sudah di double, sehingga mampu menyaring debu dan bakteri dari luar. Ia pun berniat ingin membagikan masker tersebut kepada banyak orang demi mencegah penularan virus.

"Buat orang-orang yang sehat, nih pakai masker kain. Ini mau aku bagi-bagiin. Ini kainnya sudah aku double, belakangnya bisa buat tisu dan maskernya bisa dicuci," kata Soimah dalam Instagram pribadinya, seperti HerStory kutip, Senin (6/4/2020).

Soimah membuat desain masker se-simple mungkin. Ia pun menambahkan tali pengikat sehingga bisa digunakan untuk para wanita yang berhijab tanpa harus merusak hijabnya. 

Wanita yang kini menginjak usia 39 tahun, mengaku sengaja memproduksi masker kain lantaran masker menjadi salah satu benda yang paling dibutuhkan dan langa keberadaannya. Menurutnya, masker kain cocok digunakan untuk orang-orang yang sehat di tengah pandemi virus Corona.

Di samping itu, Soimah juga berpesan kepada sanak-saudara di desa yang memiliki alat mesin jahit untuk memanfaatkan agar bisa membuat masker kain sendiri. Menurut Soimah, seenggaknya dengan membuat masker kain sendiri mampu menjaga keluarga agar enggak tertular virus Corona.

"Saya mau pesan untuk yang di kampung, ibu-ibu bapak-bapak yangbisa jahit dan punya mesin jahit di rumah pasti memiliki kain di rumah, sebaiknya membuat masker kain sendiri. Minimal untuk keluarganya sendiri untuk jaga-jaga, syukur-syukur jika bisa berbagi," ujar Soimah.