Kartini Muljadi merupakan satu dari dua wanita yang masuk dalam deretan 50 orang terkaya di Republik Indonesia versi Forbes. Wanita berusia 90 tahun beserta anak-anaknya ini adalah pemilik grup Tempo, termasuk Tempo Scan Pacific. Perusahaan tersebut memproduksi obat-obatan dan barang konsumsi.

Dari bisnis-bisnisnya itu, Kartini Muljadi punya kekayaan yang berjumlah fantastis. Tahun 2020, kekayaan Kartini Muljadi mencapai US$620 juta atau setara Rp8,98 triliun.

Dikutip dari berbagai sumber, (28/04/2021) Kartini Muljadi memiliki latar belakang pendidikan di bidang hukum. Ia lulus dari Fakultas Hukum Universitas UI pada 1958. Kala itu Kartini sudah punya dua anak.

Ia pun memutuskan untuk berkarier di bidang kehakiman. Ia diangkat menjadi Hakim Pengadilan Negeri Istimewa Jakarta, menangani perkara pidana, perdata, dan kepailitan.

Kartini Muljadi mengundurkan diri sebagai hakim di tahun 1973. Ia kemudian menjadi notaris papan atas yang menjadi rujukan perusahaan-perusahaan besar di tahun 1970-an sampai 1980-an.

Pada 1990, ia berhenti menjadi notaris dan mendirikan firma hukum Kartini Muljadi & Rekan. Kantor pengacara dan konsultan hukum milik Kartini Muljadi ini menjadi firma hukum yang terkenal.

Baca Juga: Kartini Muljadi dan Arini Subianto, 2 Srikandi Tajir RI Versi Majalah Forbes Tahun Ini, Kekayaannya Mencapai Rp8 Triliun!

Puncak kemajuan perusahaannya yaitu ketika Tempo Scan Group melepas saham ke publik di tahun 2013. Perusahaan tersebut mendapatkan dana sebesar US$218 juta atau setara Rp3 triliun. Hingga saat ini, bisnis itu terus berjalan dan mengantarkan Kartini Muljadi menjadi wanita terkaya di Indonesia.