Bagi wanita, perawatan kulit menjadi penting untuk dilakukan. Namun, bagi ibu yang menyusui sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih produk skincare. Ada bahan-bahan yang enggak baik untuk ibu menyusui. Bahan-bahan berbahaya itu nantinya akan membawa dampak buruk untuk ibu dan juga si bayi. Apa kamu sudah tahu?

Dilansir dari berbagai sumber (30/04/2021), berikut adalah bahan-bahan berbahaya untuk ibu menyusui yang terkandung di dalam produk skincare. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

Petrolum

Untuk ibu yang sedang menyusui, hindari skincare yang mengandung bahan petrolum. Petrolum dapat membuat iritasi kulit bayi yang sensitif. Beberapa jenis produk yang mengandung petrolum antara lain, propilen, glikol, mineral oil, petrolatum, dan isoprofil alkohol. Coba perhatikan lagi ya kandungan skincare-mu supaya aman untukmu dan si bayi.

Retinoid

Retinoid memang sudah enggak asing lagi didengar. Bahan retinoid ini dapat mengurangi keriput dan mempercepat produksi vitamin A yang berperan untuk mencegah kerusakan kolagen. Namun, dalam sebuahlaporan dikatakan bahwa retinoid dalam bentuk oral bisa menyebabkan cacat lahir. Nama lain retinoid antara lain, differin, tazorac, dan retinol.

Baca Juga: Ibu Menyusui Konsumsi Telur, Amankah untuk ASI?