Kehamilan adalah waktu yang penuh dengan kebahagian. Meski begitu, bagi ibu hamil mengandung buah hati juga tak luput dari pengorbanan. 

Saat hamil, calon ibu bertanggung jawab atas jabang bayi yang dikandungnya selama 9 bulan. Oleh sebab itu, ibu hamil alias bumil disarankan untuk berhati-hati demi menjaga kesehatan dirinya serta bayi yang dikandung.

Tak hanya menjaga asupan makanan saja, bumil juga disarankan untuk menghindari beberapa perawatan wajah dan tubuh yang bisa membahayakan janin. Berikut ini beberapa perawatan wajah yang sebaiknya tak dilakukan selama masa kehamilan:

Suntikan Botox dan Chemical Peeling

Perawatan wajah ini sangat berisiko tinggi apabila dilakukan saat hamil. Melansir laman veryhealth family (3/5/2021) bumil menggunakan Botox untuk alasan kosmetik atau medis, pada dasarnya itu menyuntikkan 'racun' ke dalam aliran darah.

Selain itu, tindakan Chemical Peeling membuat kulit jadi mengelupas secara kimiawi. Tentu hal ini sebaiknya jangan dilakukan karena bumil harus menghindari paparan bahan kimia dan racun yang enggak diperlukan tubuh selama kehamilan, prosedur ini bisa dilakukan setelah melahirkan.

Perawatan Kecantikan yang Melibatkan Panas 

Selama kehamilan, kamu bisa sangat mudah kepanasan. Untuk itu, para ahli menyarankan bumil untuk menghindari perawatan wajah atau tubuh yang panas. Jika suhu inti tubuh naik dalam waktu yang lama, itu dapat menyebabkan bayi cacat ketika lahir.

Hindari perawatan kecantikan yang mengharuskan bumil terpapar panas tinggi atau terkonsentrasi, termasuk salon tanning, body wrap, dan sauna atau ruang uap.

Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Retinoid, Formaldehida, dan Hidrokuinon

Meskipun belum banyak bukti yang terkait kandungan-kandungan tersebut membahayakan janin, sebaiknya bumil menghindari penggunaan skincare berbahan aktif. Banyak parah ahli yang sepakat bahwa retinoid dkk bisa membahayakan janin.

Tindik atau Tato

Tubuh jadi lebih berisiko mengalami infeksi ketika masa kehamilan. Salah satu hal yang harus dihindari adalah tindik atau tato karena rawan membuat tubuh infeksi.

Baca Juga: Jerawat hingga Penuaan Dini, Kenali Berbagai Macam Beauty Treatment yang Bisa Mengatasi Masalah Kulit

Jadi meskipun salon tato favoritmu mengikuti praktik kebersihan yang ketat, tindik atau tato bisa berisiko membahayakan si kecil yang tengah menunggu waktu untuk lahur ke dunia.