Menu

Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

15 Januari 2020 12:00 WIB
Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ibu hamil sedang bersantai di atas kasur sembari minun kopi dan makan donat. (Unsplash/Fallon Michael)

HerStory, Jakarta —

Kafein adalah stimulan yang memberikan dorongan energi. Kafein dianggap aman untuk dikonsumsi secara umum, namun kamu perlu membatasi asupan kafein saat sedang hamil.

Bagi banyak orang, kafein memiliki efek meningkatkan energi, fokus, dan bahkan menyembuhkan migrain. Selain itu, beberapa minuman berkafein memiliki manfaat untuk kesehatan. Ternyata kafein juga memiliki efek negatif yang menimbulkan risiko selama kehamilan.

Kafein memiliki banyak manfaat potensial, tetapi ada kekhawatiran itu berbahaya ketika dikonsumsi selama kehamilan. Wanita hamil mencerna kafein lebih lambat daripada biasanya. Bahkan, perlu 1,5-3,5 kali lebih lama untuk menghilangkan kafein dari tubuh yang sedang hamil. Kafein juga melintasi plasenta lalu memasuki aliran darah bayi dan itu dapat mempengaruhi kesehatan bayi.

American College of Obstetricians Gynecologists (ACOG) menyatakan bahwa jumlah kafein normalnya kurang dari 200 mg per hari. Penelitian menunjukkan bahwa asupan lebih dari 200 mg per hari dapat meningkatkan risiko keguguran.

Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa konsumsi kafein yang rendah dapat menyebabkan berat badan bayi ketika lahir rendah. Namun, diperlukan lebih banyak penelitian lagi mengenai risiko keguguran, berat lahir rendah dan efek samping lainnya karena mengonsumsi kafein.

Efek samping negatif lain dari kafein termasuk tekanan darah tinggi, detak jantung yang cepat, kecemasan meningkat, pusing, gelisah, sakit perut dan diare.

ACOG merekomendasikan untuk membatasi asupan kafein ketika ingin hamil atau sedang hamil hingga 200 mg atau kurang dari itu. Tergantung pada jenis dan metode pembuatannya, ini setara dengan sekitar 1-2 cangkir (240-580 ml) kopi atau sekitar 2-4 cangkir (240–960 ml) teh diseduh per hari.

Kafein dikonsumsi secara populer di seluruh dunia. Untuk info lebih jelasnya, jangan lupa untuk konsultasi ke dokter kandunganmu ya, Beauty!

Baca Juga: Berbahaya Hingga Bisa Sebabkan Keguguran, 5 Makanan Ini Harus Dihindari oleh Ibu Hamil

Baca Juga: Berbahaya Bagi Kesehatan Ibu dan Janin, Ini Alasan Bumil Harus Hindari Vape

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Nada Saffana