Menu

Demi Perbaikan Gizi Anak Indonesia, PRENAGEN Gandeng Klikdokter untuk Kolaborasi dengan KBKKBN Atasi Stunting

Nada Saffana
05 Mei 2021 07:00 WIB
Demi Perbaikan Gizi Anak Indonesia, PRENAGEN Gandeng Klikdokter untuk Kolaborasi dengan KBKKBN Atasi Stunting

ibu sedang memberi makan anaknya. (Pexels/Yan Krukov)

HerStory, Jakarta —

Kondisi stunting atau gagal tumbuh pada anak sangat terkait dengan gizi penduduk yang buruk dalam periode cukup panjang. Tanpa penanganan serius akan semakin banyak penduduk yang dewasa dan menua dengan perkembangan kemampuan kognitif yang lambat, mudah sakit dan kurang produktif ketika mengalami stunting.

Masa 1.000 hari pertama atau sekitar tiga tahun kehidupan sejak masih dalam kandungan, merupakan masa penting pembangunan ketahanan gizi. Lewat dari 1.000 hari, dampak buruk kekurangan gizi akan sulit diobati. Kekurangan gizi pada ibu hamil juga bisa memicu stunting.

KALBE Nutritionals melalui PRENAGEN, salah satu produk unggulannya di kategori nutrisi kehamilan dan menyusui, tergerak untuk berpartisipasi aktif pada penurunan angka stunting di Indonesia. Untuk itu PRENAGEN bekerja sama dengan Klikdokter mendukung Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melakukan percepatan penanganan kejadian stunting di Indonesia. 

Program kolaborasi BKKBN, PRENAGEN, dan Klikdokter yang bertajuk “Smart Sharing: Program Kerja Sama Penurunan Angka Stunting di Indonesia" ini akan melakukan serangkaian kegiatan edukasi online maupun offline yang menjangkau dan melibatkan bidan di seluruh Indonesia, serta melakukan pilot project studi observasional dan program intervensi gizi untuk pencegahan stunting di beberapa daerah di Indonesia.

“Mengingat kompleksitas masalah stunting di Indonesia, dibutuhkan sinergi semua pihak untuk mengatasi stunting. Terkait fakta kasus stunting tersebut, PRENAGEN bersama-sama dengan Klikdokter ingin berkontribusi dan mendukung pemerintah melalui kerja sama dengan BKKBN. Untuk itulah, BKKBN, PRENAGEN, dan Klikdokter menjalin kemitraan strategis untuk mempercepat upaya penurunan angka kasus stunting,” papar Sinteisa Sunarjo Group Business Unit Head Woman Nutrition KALBE Nutritionals di acara peluncuran kerja sama tersebut di BKKBN Jakarta (04/05/2021).