Kecemburuan adalah emosi yang normal dialami banyak orang. Faktanya, setiap orang mengalami kecemburuan di beberapa titik dalam hidupnya. Meski normal, masalah tetao bisa muncul ketika rasa cemburu mengarah kepada emosi yang kurang sehat dan enggak rasional.

Kecemburuan yang enggak masuk akal dan berlebihan pada akhirnya bisa menghancurkan pernikahanmu lho. Lantas apakah itu kecemburuan?

Kecemburuan adalah reaksi terhadap ancaman yang dirasakan. Rasa yang diberikan bisa nyata atau hanya sugesti karena merasa bahwa hubungan yang dijalani sangatlah berharga. 

Menurut survei nasional terhadap konselor pernikahan sepertiga pasangan mengalami kecemburuan. Meskipun sering kali disebut sebagai tanda sayang, cemburu yang berlebihan bisa membuat pasangan jadi kurang nyaman karena ketika cemburu bisa menyebabkan perilaku berbahaya seperti menguntit hingga nekat melakukan kekerasan fisik.

Kecemburuan Normal vs. Kecemburuan yang Berlebihan

Kecemburuan sesekali itu wajar, tetapi ketika menjadi intens atau enggak lagi rasional, itu bisa sangat merusak hubungan. Mampu membedakan antara kecemburuan yang sehat dan kecemburuan yang enggak sehat penting untuk keberlangsungan pernikahanmu.

Baca Juga: Jangan Terlalu Percaya! Ini 3 Tanda Teman yang Berusaha Menikung Suamimu

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas