Bisa dibilang make up sudah menjadi bagian yang penting dalam hidup wanita. Setiap wanita ingin selalu tampil cantik dengan riasan wajahnya. Begitu pun dengan Ibu Hamil (Bumil). Enggak sedikit di luar sana banyak Bumil yang terlihat cantik dengan riasan make up di wajahnya.

Tapi Beauty tahu enggak sih, banyak pula di antara Bumil yang skeptis terhadap penggunaan make up. Mereka akan berpikir dua kali sebelum menggunakan make up. Mungkin di antara Beauty yang lagi hamil juga melakukan hal yang sama (?) Kamu akan memilih mana produk yang cocok, aman atau enggak nya produk itu dipakai saat hamil, dan lain sebagainya.

Ngomong-ngomong soal aman atau enggaknya, ada benarnya juga pikiran itu terlintas dalam benakmu. Nah, sebenarnya aman enggak sih memakai make up saat hamil? Produk yang terbilang aman itu seperti apa?

Melansir dari laman Firstcry Parenting, paparan bahan beracun dari suatu produk make up dapat menyebabkan kanker kulit, apalagi buat Bumil. Bumil harus berhati-hati saat memilih krim kulit, lipstik, atau cat kuku sekali pun karena kandungan kimianya sangat berbahaya untuk Bumil.

Bahan kimia beracun itu dapat memiliki efek signifikan bagi kesehatan Reproduksi. Nah, makanya kamu harus tau istilah-istilah seperti 'BPA free', 'Fregnance-free', 'No DEA', 'No parabens', dan 'No phthalates' sebelum membeli kosmetik apap pun selama kehamilan.

Gimana sih cara cari produk yang aman?

Nah, Beauty ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui untuk mencari produk kosmetik yang aman selama kehamilan. Enggak hanya aman untukmu, tapi juga aman untuk kesehatan bayi.

1. Lipstik

Saat memilih lipstik kamu harus menghindari yang berbahan dasar kimia beracun. Pilihlah lipstik yang berbahan alami karena ini baik untuk Bumil. Kamu juga harus melihat sertifikasi dari badan berwenang ya!

2. Pembersih wajah

Seringkali wanita yang tengah hamil rentan berjerawat. Hal ini dikarenakan perubahan hormon saat kehamilan. Pilihlah produk pembersih wajah yang memiliki kandungan ekstrak teh hijau, minyak lemon, dan juga mentimin yang aman selama kehamilan.

3. Krim Wajah

Selama kehamilan, kamu akan membutuhkan krim wajah untuk memanjakan kulit. Hindari penggunaan krim wajah yang mengandung retinoid, dan salycil acid. Kamu harus tahu istilah hypoallergenic, bebas pewangi, organik, dan lain sebagainya. Hal ini untuk memastikan enggak ada bahan kimia yang digunakan di dalamnya.

4. Foundation

Foundation biasanya digunakan untuk menyembunyikan masalah kulit, seperti Jerawat. Hindari penggunaaan foundation dengan kandungan retinoid dan asam beta hidroksi. Pilihlah yang berbahan alami tanpa bahan pengawet atau pewarna.

5. Concealer

Hindari Concealer yang mengandung paraben karena bisa menyebabkan kanker, terutama kanker payudara. Pilihlah Concealer yang nyaman untuk diaplikasikan dan enggak membuat kulit mudah kering.

6. Blush on

Hindari pula blush on atau perona pipi yang mengandung paraben dan natrium sulfate yang berbahaya bagi bayi. Pilih blush on yang bebas pewangi dan BPA. Intinya periksa label terlebih dahulu sebelum membelinya.

7. Bedak

Terakhir adalah Bedak, hindari penggunaan bedak dengan kandungan Retinoid, tetracycline, dan hydroquinone yang berbahaya bagi Bumil. Pilih produk bedak yang juga sesuai dengan jenis kulitmu ya Bumil!

Nah Beauty, itu tadi yang perlu kamu perhatikan dalam memilih produk make up selama kehamilan. Walaupun tampil cantik tapi kamu perlu juga memerhatikan kesehatanmu dan calon bayimu.