Vagina merupakan organ reproduksi berupa saluran yang menghubungkan serviks atau leher rahim dengan bagian luar tubuh atau vulva. Nah, masalah pada vagina dapat memengaruhi kesuburan, kehidupan seksual, dan mengganggu proses reproduksi, lho. Sudah tahu belum?

Wanita harus menjaga kesehatan vaginanya supaya enggak berdampak buruk pada kesuburan dan lainnya. Beauty, apa kamu sudah tahu bagaimana ciri-ciri vagina yang sehat?

Dilansir dari berbagai sumber (6/5/2021), kalau sudah mengetahui ciri-ciri vagina yang sehat, maka kamu akan tahu perubahan atau gejala yang enggak wajar pada bagian intim ini. Berikut adalah ciri-ciri vagina yang sehat. Simak baik-baik, ya, Beauty!

Elastis dan lembap

Secara umum, vagina yang sehat memiliki warna pink tua, elastis, dan tampak lembap. Namun, perubahan bentuk dan warna dapat terjadi seiring bertambahnya usia. 

Warna vagina yang gelap wajar terjadi karena adanya perubahan hormon seiring bertambahnya usia. Selain itu, kadar estrogen semakin menurun juga dapat menyebabkan dinding vagina lebih tipis dan kering.

Baca Juga: Beauty, Jangan Sampai Kurang Minum Air Putih Ya! Bisa Bikin Miss V Jadi...

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas