Mengenakan masker adalah bagian penting untuk mencegah penyebaran virus corona. Semua orang harus mengenakan masker saat berada di tempat umum atau saat berinteraksi dengan orang di luar rumah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan bahwa setiap orang yang berusia di atas 2 tahun, yang secara fisik dapat, memakai masker. Bagi orang tua, meyakinkan anak untuk memakai masker mungkin lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Beberapa anak mungkin memiliki masalah sensorik atau perkembangan yang membuatnya lebih sulit untuk memakai masker. Tips berikut dapat dilakukan orang tua jika anaknya enggan mengenakan masker:

Jelaskan Kegunaan Masker

Hal penting pertama yang harus dilakukan orang tua adalah dengan mendiskusikan soal pandemi COVID-19 dengan anak-anakmu. CDC dan American Academy of Child and Adolescent Psychiatry sudah membeberkan panduan terkait pandemi dan juga anak yang bisa orang tua akses di laman resminya. 

Jadilah Contoh untuk Anak

Anak-anak belajar bagaimana berperilaku dengan memperhatikan orang tua mereka dan orang dewasa lainnya. Untuk itu peragakan cara memakai masker yang benar. Masker ini harus menutupi mulut dan hidung sepenuhnya, serta harus pas di wajah.

Bersikap Konsisten

Baca Juga: Gak Cuma Diidap Orang Dewasa, Diabetes Juga Bisa Menyerang Anak, Waspada Moms Ini Ciri-cirinya!

Jika orang tua kadang-kadang tak mengenakan masker, anak-anak juga akan berpikir bahwa mereka dapat melanggar aturan. Untuk itu, orang tua sebagai contoh anak dalam disiplin mengenakan masker.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas