Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran, sukses menggelar festival komunikasi tahunan Epicentrum. Digelar pada tanggal 3-6 Mei 2021, Epicentrum merupakan sebuah ajang kompetisi bidang komunikasi terbesar di Indonesia. Pada tahun 2021 ini, untuk pertama kalinya Epicentrum akan diselenggarakan dalam skala internasional.

Kegiatan Epicentrum 2021 meliputi berbagai rangkaian acara meliputi kompetisi, seminar, company visit online, dan lokakarya (workshop online). Peserta ditantang untuk berkolaborasi dengan Pentahelix yang meliputi ABCGM (Academician, Business, Community, Government, dan Media) guna memecahkan permasalahan dan isu nasional melalui perspektif bidang keilmuan komunikasi. 

Tema yang diangkat Epicentrum untuk tahun ini adalah "Indonesia Recovery". Tema ini diinisiasi untuk mewadahi peran mahasiswa sebagai agent of change dalam memecahkan permasalahan yang diakibatkan oleh pandemi Covid-19. Upaya pemulihan tentu penting bagi Indonesia di mana semua sektor terdampak akibat Covid-19 dari mulai sektor ekonomi, pendidikan, hingga ke sektor sosial.

Dengan menghadirkan tujuh mata lomba yang mewakili tujuh program studi yang ada di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Epicentrum diharapkan dapat mewadahi peserta dalam menyalurkan ide dan gagasannya sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki.

Puncak acara berlangsung Kamis, (06/05/2021) dengan berbagai penampilan seperti Rasukma dan tentunya pemenang lomba. Berikut daftar pemenang dari mata lomba Epicentrum 2021:

Parade Jurnalistik

Juara 1: Mercusuar - Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Juara 2: Manjjap - Universitas Gadjah Mada

Juara 3: The Fam's - Universitas Padjadjaran

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas