Kamu sedang hamil dan merasa terus bolak balik ke kamar mandi? Hal ini sering menggangu bumil alias ibu hamil terlebih ketika malam hari saat tidur. Padahal ketika hamil sangat dibutuhkan waktu tidur yang cukup.

Sering buang air kecil adalah salah satu gejala awal kehamilan yang paling umum. Biasanya ini terjadi mulai pada trimester pertama, sekitar minggu ke-4 atau di wakth akan mulai haid.

Meski begitu, ada juga bumil yang buang air kecil terus di umur kehamilan minggu ke 35. Lantas, sebenarnya apa penyebab sering buang air kecil saat hamil?

Meskipun itu bisa mengganggu, dalam banyak kasus, sebenarnya itu tak ada yang perlu dikhawatirkan. Hal yang membuat bumil sering buang air kecil adalah meningkatnya jumlah darah dalam tubuh. Untuk memproses aliran darah ini, ginjal perlu menghasilkan cairan ekstra, yang kemudian berakhir di kandung kemih. 

Baca Juga: Gak Semuanya Aman, Jenis Ikan Ini Sebaiknya Dihindari saat Hamil! Bisa Rusak Perkembangan Otak Bayi Lho

Menjelang kelahiran, posisi kepala bayi turun ke panggul dan menekan kandung kemih ibu. Itu juga jadi salah satu penyebab ibu hamil sering buang air kecil.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas