Melahirkan jadi salah satu momen bahagia yang ditunggu-tunggu oleh wanita. Ketika sudah melahirkan, rasanya ada salah satu kebahagiaan yang dirasakan. Meski begitu, enggak eapat dipungkiri bahwa melahirkan juga membuat wanita merasa kelelahan.

Setelah melahirkan, para istri biasanya membutuhnya banyak istirahat selain fokus mengurus anak. Dengan begitu, biasa suami pun luput dari perhatiannya. Hal yang kurang terpenuhi ketika istri melahirkan adalah melampiaskan hasrat biologis dengan berhubungan suami istri.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk kembali berhubungan seks setelah melahirkan?

Baik persalinan pervaginam atau pun operasi caesar, tubuh membutuhkan waktu untuk pulih. Secara umum, enggak ada periode 'tanpa seks' yang pasti, meskipun beberapa ahli menyarankan untuk menunggu setidaknya empat hingga enam minggu setelah melahirkan. 

Dalam kasus persalinan pervaginam, waktu empat hingga enam minggu memungkinkan serviks menutup dan luka episiotomi atau robekan sembuh. Sementara dalam kasus operasi caesar, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang kapan seks aman setelah operasi. Jika ragu, konsultasikan dengan dokter ketika jalani pemerkksaan bayi enam minggu setelah lahir.

Baca Juga: Survei: 3 Masalah Ini Jadi Pemicu Pasangan Berselingkuh Lho, Percaya Nggak?

Setelah semuanya jelas dari penjelasan dokter, penting untuk menunggu sampai istri dan suami merasa nyaman. Jika istri atau suami belum siap, mungkin ada gunanya berbicara dengan pasangan dan mencari cara lain untuk menjadi kembali membangun koneksi.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas