Kutu kemaluan adalah kutu yang hidup di area genital manusia. Penularan utamanya dilakukan melalui hubungan seksual. Selain itu, kutu kemaluan bisa saja kamu dapatkan jika kamu telah melakukan kontak langsung dengan orang yang memilikinya seperti melalui berbagi pakaian, seprei dan juga handuk bersama-sama.

Meskipun kutu kemaluan dapat diobati dengan mudah, tetapi jika tidak ditangani dengan segera, kutu ini dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang juga berkaitan dengan organ genital manusia.

Melansir dari berbagai sumber, (11/05/2021) berikut ini merupakan bahaya kesehatan yang bisa disebabkan oleh kutu kemaluan.

Gatal kulit

Kutu kemaluan adalah serangga bersayap kecil yang hidup di rambut kemaluan manusia. Kutu ini bertahan hidup dengan mengisap darah dari area tersebut. Hal inilah yang menyebabkan gatal-gatal yang parah dan tentu saja menimbulkan rasa tak nyaman.

Terkadang, karena rasa gatal yang tidak tertahankan menyebabkan kulit terluka dan menyebabkan infeksi sekunder. Meskipun terlihat sederhana, tetapi kondisi ini harus segera ditangani untuk mencegah kondisi menjadi lebih parah.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas