Rutin berolahraga dapat membuat tubuh sehat dan bugar. Namun, kalau kamu rutin berolahraga, tapi justru mengeluarkan keringat dingin, berarti kondisi tubuhmu perlu diperhatikan.

Menurut dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Heartology Cardiovaskular Center, dr Ario Soeryo Kuncoro, SpJP, keringat dingin setelah berolahraga merupakan sebuah kondisi yang enggak wajar dan mestri diobservasi lebih lanjut.

"Jika usai berolahraga muncul gejala seperti keringat dingin disertai nyeri dada yang berat, maka kamu perlu waspada penyakit jantung. Kamu disarankan datangi dokter jantung untuk melakukan beberapa pemeriksaan supaya diagnosisnya lebih jelas," kata dr Ario Soeryo melansir dari berbagai sumber (11/5/2021).

Enggak hanya itu, kalau setelah berolahraga mengeluarkan keringat dingin, nyeri dada sebelah kiri, dan kepala pusing, maka perlu diwaspadai.

"Gejala-gejala ini yang biasanya dikeluhkan pasien jantung saya, khususnya usai berolahraga. Untuk rasa nyeri dada tembus ke belakang dan ada rasa dirobek itu karena terjadi robekan pembuluh darah akibat olahraga berat," jelas dr Ario Soeryo.

Baca Juga: Catat! Ini 6 Kesalahan dalam Berolahraga yang Buat Hasilnya Jadi Nggak Maksimal

Nah, kalau kamu merasakan gejala-gejala tersebut setelah berolahraga, jangan anggap sepele, ya. Periksakan kesehatan jantungmu ke dokter sebagai bentuk deteksi dini. Semakin cepat diketahui, maka akan semakin cepat ditangani.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas