Di balik masyarakat yang sejahtera, ada peran TP-PKK yang terus melakukan upaya kepedulian kepada seluruh lapisan. Para anggota PKK di seluruh Indonesia berlomba-lomba untuk memberdayakan wanita dari tingkat ekonomi rendah hingga menengah. TP-PKK berperan untuk menyukseskan program pemerintah.

"Untuk tim penggerak PKK kita sudah berjalan selama 49 tahun ya secara de facto tapi, sebetulnya jauh dari itu digagas lama sebelumnya," ujar Ketua Umum TP-PKK Pusat, Tri Suswati Tito Karnavian saat diwawancarai HerStory di kediamannya, Senin (10/05/2021).

Tri menjelaskan bahwa gerakan ini sudah dilegalisasi oleh pemerintah. “Ini adalah suatu gerakan dari masyarakat, untuk masyarakat, dan kemudian dilegalisasi oleh pemerintah di mana bapak presiden juga sudah mengeluarkan peraturan presiden. Ini menjadi suatu lembaga pertahanan desa, jadi kita bekerja berdasarkan aturan-aturan yang kemudian diback up oleh anggaran oemerintah," lanjut Tri.

Salah satu program yang digagas oleh para anggota PKK adalah menanggulangi sampah plastik. Tri menjelaskan bahwa PKK memiliki beberapa program yang dibentuk khusus untuk memberdayakan para wanita dalam hal mengolah sampah.

"PKK ada program khusus yang sangat mendukung lingkungan hidup, antara lain gerakan kita meminimalisasi penggunaan plastik sekali pakai. Kita tidak akan mungkin zero pemakaian plastik, tapi kita harus mengerti bagaimana penggunaan plastik dan pengelolaan sampah," imbuh Tri.

Faktanya, Kemenkominfo mencatat ada sekitar 1.387 hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19 selama periode Maret 2020 hingga Januari 2021. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas